Jumat, 08 Oktober 2010

Dua Menteri Bawa Bantuan Rp2,5 Miliar ke Wasior

Nusantara / Sabtu, 9 Oktober 2010 12:59 WIB
Metrotvnews.com, Manokwari: Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri membawa uang tunai sebesar Rp2,5 miliar dari pemerintah pusat ke Wasior, ibu kota Teluk Wondama, Papua Barat, untuk membantu tahap tanggap darurat bencana banjir bandang di sana. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh dua menteri kepada masyarakat setempat saat meninjau lokasi banjir bandang di Wasior, Sabtu (9/10).

Menko Kesra mengatakan, dirinya membawa Rp500 juta, sedangkan Mensos Salim Segaf Al Jufri menyebutkan membawa tunai Rp2 miliar sehingga total Rp2,5 miliar. "Bantuan tersebut bisa digunakan meringankan beban korban banjir dan para pengungsi selama masa tanggap darurat," kata Agung Laksono. Ia menjelaskan masa tanggap darurat akan diberlakukan selama 14 hari dan akan berakhir pada 18 Oktober 2010.

Namun, masih akan dilakukan pengkajian, apakah masa tanggap darurat akan diperpanjang atau tidak, tergantung dari perkembangan situasi di lokasi bencana. "Setelah masa tanggap darurat berakhir maka kita akan segera mempersiapkan berbagai hal agar bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni rehabilitasi dan rekonstruksi," katanya.

Setelah bantuan uang tunai dari pemerintah pusat, kata Agung, masih akan ada bantuan tambahan obat-obatan, terutama antibiotik dan antitetanus. Menko juga menyebutkan berdasarkan data terakhir yang diterima pihaknya diketahui bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat banjir bandang Wasior sebanyak 108 orang. Selain itu, 185 orang mengalami luka berat, 68 orang orang masih hilang dan 535 luka ringan. (Ant/DOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar