Rabu, 29 Desember 2010

SILABUS MATA PELAJARAN


Nama Sekolah : MAN WONOSOBO
Mata Pelajaan : Fisika Alokasi Waktu per Semester 72 jam pelajaran
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)

Pengukuran massa, panjang, dan waktu

• Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu dan di kumpulkan
• Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di labolaturium fisika
• Membuat laporan praktikum secara individu


• Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
• Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
• Menampilkan sikap teliti dalam kegiatan praktik

Penilian kinerja (sikap dan praktik), laporan hasil praktikum dan ulangan harian

12 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Lembar Kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: jangka sorong, mikro-meter sekrup, neraca lengan, neraca pegas, media belajar mengajar

1.2 Melakukan penjumlahan vektor
Penjumlahan vektor
• Menjumlahkan dua besaran vektor dalam arah yang berbeda-beda secara grafis dalam kegiatan belajar mengajar dan latihan soal
• Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam kegiatan belajar mengajar
• Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang
• Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan soal tugas secara individu


• Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis
• Menjumlahkan dua vektor secara analisis
• Menerapkan prinsip penjumlahan vektor dalam pemecahan soal

Penilaian sikap, latihan soal, dan ulangan harian

12 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Lembar kerja siswa
Alat; neraca pegas, busur, media belajar mengajar



Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

Gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan

• Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam kegiatan belajar mengajar
• Melakukan percobaan glb dengan menggunakan mobil mainan
• Melakukan percobaan glbb dengan menendang bola
• Menganalisis besaran-besaran dalam glbb dan gerak jatuh bebas dalam belajar mengajar

• Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan
• Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
• Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
• Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan
Penilaian (sikap dan kreatifitas), laporan praktik, dan ulangan harian

16 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa,hasil kerja siswa,
Alat: tiker timer, mobil mainan, bola, alat kreatifitas anak dan media belajar mengajar
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Gerak melingkar dengan laju konstan
• frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal
• Hubugan kecepatan sudut, dan kecepatan linier pada gerak roda berhubungan
• Mencari besar frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi
• Melakukan percobaan atau diskusi secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda pada mesin jam dinding
• Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam penyelesaian soal dalam kegiatan belajar mengajar • Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
• Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
• Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak memutar dengan laju konstan
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan praktik, dan ulangan harian
16 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: alat sentripetal, stop watch, neraca, gangsing, jam dinding dan media belajar mengajar

2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Hukum Newton tentang gerak
• Hukum Newton 1
• Hukum Newton 2
• Hukum Newton 3
Gesekan statis dan kinetis

• Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok di kelas
• Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam diskusi penyelesaian soal dinamika gerak lurus tanpa gesekan
• Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statis dan kinetis
• Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang datar, bidang miring, dan sistem katrol dalam kegiatan kelas
• Melakukan praktik gaya sentripetal
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari
• Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari
• Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan
• Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal
• Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan hasil praktik, dan ulangan harian

16 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: mobil mainan,bola, tiker timer, katrol, beban gantung, media belajar mengajar



SILABUS MATA PELAJARAN


Nama Sekolah : MAN WONOSOBO
Mata Pelajaan : Fisika Alokasi Waktu per Semester: 68 jam pelajaran
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif

Alat optik
• Fungsi dan bagian alat optik seperti pada mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong
• Prinsip pembentukan bayangan pada alat optik
• Mengidentifikasi fungsi dan bagian alat optik pada mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong secara berkelompok dalam labolaturium fisika
• Melukis jalannya sinar pada pembentukan bayangan alat-alat optik (lensa cekung, lensa cembung,cermin datar,cermin cekung dan cermin cembung) untuk mata berakomodasi maksimum dan tanpa akomodasi
• Menganalisis prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kacamata, lup, mikroskop, dan teropong dalam diskusi kelas
• Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong
• Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong
• Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
• Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
• Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), dan laporan hasil praktik ulangan harian
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: kacamata, lensa cekung, lensa cembung, cermin datar, cermin cekung,cermin cembung, lilin, layar, teropong mainan, mikroskop, media belajar mengajar
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari Alat optik
• Prinsip kerja teropong bumi, dan teropong bintang • Membuat daftar alat-alat optik dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
• Merancang dan membuat lup (kaca pembesar) sederhana misalnya menggunakan lensa secara berkelompok
• Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari
• Merancang lup sederhana
• membuat lup sederhana Penugasan dan hasil karya
4 jam Alat: lensa cekung dua sisi


Standar Kompetensi: 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

Kalor, perubahan wujud, dan pemuaian

• Melakukan percobaan pemanasan benda (misalnya es) sambil mengamati perubahan suhu dan wujudnya
• Menggunakan persamaan kalor Q= m.c.Δt
• Menganalisis pengaruh kalor pada suhu, ukuran benda dan wujudnya dalam penyelesaian soal latihan dalam kegiatan belajar mengajar
• Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
• Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian)
• Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda
Penilaian kinerja (sikap dan praktik), ulangan harian
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa
Alat: pemanas, bejana, es batu termometer, media belajar mengajar

4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
Perpindahan Kalor
• Konduksi
• Konveksi
• Radiasi • Mengamati demonstrasi perpindahan kalor cara konduksi, konveksi, dan radiasi
• Mendiskusikan perbedaan konduksi, konveksi, dan radiasi kalor serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari • Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi
• Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi
• Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi Penugasan dan ulangan harian 8 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa
Alat: pemanas, bejana, zat cair, lup(kaca pembesar), besi atau alumunium, media belajar mengajar


4.3 Menerapkan Asas Black dalam pemecahan masalah

Asas Black pada pertukaran kalor
• Prinsip petukaran kalor
• Prinsip kerja kalorimetri

• Menganalisis prinsip pertukaran kalor, asas Black dan kalor jenis zat dalam kegiatan belajar mengajar
• Praktik menentukan kalor jenis logam dengan kalorimeter secara berkelompok
• Menghitung kuantitas kalor dalam berbagai keadaan (suhu atau wujudnya berubah)
• Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
• Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor

Penilaian kinerja (sikap dan praktik), ulangan harian
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa,
Alat: pemanas, kalorimeter, kubus logam, termometer, media belajar mengajar



Standar Kompetensi: 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

5.1 Menggunakan alat ukur listrik
Alat ukur Listrik
• Cara menggunakan voltmeter, dan amperemeter
• Cara membaca pengukuran voltmeter dan amperemeter
• Praktik menggunakan alat ukur voltmeter, amperemeter, multimeter secara berkelompok dan bergantian
• Mencatat dan menghitung skala yang terbaca pada voltmeter, amperemeter, dan multimeter
• Menggunakan voltmeter dalam rangkaian
• Menggunakan amperemeter dalam rangkaian
• Menggunakan multimeter dalam rangkaian
Penilaian kerja (sikap dan praktik), laporan hasil praktik
4 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply, resistor, kabel , media belajar mengajar

5.2 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

Hukum Ohm dan hukum Kirchoff
• Hukum ohm tentang kuat arus dan hambatan
• Hambatan seri
• Hukum Kirchoff I dan II
• Mengukur kuat arus, tegangan dan hambatan pada rangkaian tertutup sederhana secara berkelompok
• Memformulasikan dan menganalisis hukum ohm, tegangan jepit , hambatan dalam, dan hukum Kirchoff, dalam diskusi kelas secara berkelompok
• Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana
• Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
• Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff I dan II Penilaian kinerja (sikap dan praktik), laporan hasil praktikum dan ulangan harian 12 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa,
Alat: voltmeter, amperemeter, multimeter, power suply,resistor, kabel, media presentasi

5.3 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari

Listrik AC dan DC dalam kehidupan
• Penggunaan arus searah dan arus bolak balik
• Energi dan daya listrik
• Membuat daftar penggunaan listrik searah dan bolak-balik serta sumbernya (batere, generator, dan lain-lain) dalam kehidupan sehari-hari di rumah masing-masing (misalnya: lampu, TV, telpon, dan lain-lain) secara individu
• Mengidentifikasi karakteristik hambatan seri-paralel pada rangkaian listrik di rumah masing-masing
• Menghitung energi listrik yang digunakan di rumah masing-masing per bulan


• Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi upaya penggunaan energi listrik secara hemat

Penugasan dan ulangan harian
8 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja siswa, hasil kerja siswa
Alat: multimeter, osiloskop, media belajar mengajar



Standar Kompetensi: 6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber/ Bahan/Alat

6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik
• Mendeskripsikan ciri dan karakteristik spektrum gelombang elektromagnetik melalui presentasi kelompok dan tanya jawab
• Mendeskripsikan contoh pemanfaatan gelombang elektromagnetik
• Mengidentifikasi karekteristik spektrum gelombang elektromagnetik
• Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang
• Mengidentifikasi pemahaman siswa

presentasi
4 jam
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: Petunjuk Penugasan, Bahan presentasi
Alat: media belajar mengajar
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
Gelombang elektromagnetik dalam kehidupan
• Mengumpulkan informasi pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang komunikasi, kesehatan, industri dan lain-lain
• Mendiskusikan pemanfaatan gelombang elektromeagnetik dalam kehidupan melalui diskusi kelompok • Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, gelombang radio dan lain-lain) dalam komunikasi, kesehatan dan industrri
• Mendeskripsikan manfaat dan bahaya beberapa spektrum gelombang elektromagnetik
• Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain
Penugasan dan ulangan harian 4 jam Sumber: Buku Fisika yang relevan, Internet
Bahan: Petunjuk penugasan,
Alat: media belajar mengajar


PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA
KELAS X






GUNA MELENGKAPI TUGAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA
Dosen Pengampu Sri Jumini, S.Pd.


Di Susun Oleh :
Abdul Mutholib


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN ( FITK )
PENDIDIKAN FISIKA
UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN ( UNSIQ )
JAWA TENGAH DI WONOSOBO

Jln. Raya Kalibeber Km. 03 Wonosobo 56351

Tidak ada komentar:

Posting Komentar