Rabu, 29 Desember 2010

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan Konsep Besaran Fisika Dan Pengukurannya

Kompetensi dasar
dan Indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai
KKM
Kompleksitas Daya dukung Intake
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
• Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
• Mengukur besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
• Menampilkan sikap teliti dalam kegiatan praktik


1.2 Melakukan penjumlahan vektor
• Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis
• Menjumlahkan dua vektor secara analisis
• Menerapkan prinsip penjumlahan vektor dalam pemecahan soal

2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
• Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan
• Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
• Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
• Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan




2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
• Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan
• Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
• Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak memutar dengan laju konstan

2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari
• Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan
• Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari
• Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan
• Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal
• Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar

KKM FISIKA MAN WONOSOBO
KELAS X SEMERTER I = 72



3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
• Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong
• Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong
• Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
• Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi
• Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong

3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam
kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari
• Merancang lup sederhana
• membuat lup sederhana

4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
• Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda
• Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian)
• Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda

4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
• Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi
• Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi
• Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi




4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
• Menghitung kuantitas kalor dalam berbagai keadaan (suhu atau wujudnya berubah)
• Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
• Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor

5.1 Menggunakan alat ukur listrik
• Menggunakan voltmeter dalam rangkaian
• Menggunakan amperemeter dalam rangkaian
• Menggunakan multimeter dalam rangkaian

5.2 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
• Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana
• Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri
• Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff I dan II

5.3 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi upaya penggunaan energi listrik secara hemat




6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
• Mendeskripsikan contoh pemanfaatan gelombang elektromagnetik
• Mengidentifikasi karekteristik spektrum gelombang elektromagnetik
• Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang
• Mengidentifikasi pemahaman siswa

6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, gelombang radio dan lain-lain) dalam komunikasi, kesehatan dan industrri
• Mendeskripsikan manfaat dan bahaya beberapa spektrum gelombang elektromagnetik
• Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain

KKM FISIKA MAN WONOSOBO
KELAS X SEMESTER II = 70


Rendah 2


Sedang 2


Sedang 2




Rendah 2

Sedang 2

Sedang 2






Rendah 2



Rendah 2


Sedang 2

Sedang 2







Sedang 2




Sedang 2


Tinggi 3









Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2



Tinggi 1


Tinggi 1










Rendah 3


Sedang 2



Tinggi 1


Tinggi 1


Sedang 2




Rendah 3


Tinggi 1
Sedang 2



Rendah 2


Rendah 2


Sedang 2





Rendah 2

Rendah 3

Rendah 3







Tinggi 1


Sedang 2


Tinggi 1




Rendah 3

Rendah 3

Rendah 3




Sedang 2


Sedang 2


Tinggi 1








Sedang 2


Sedang 2


Rendah 3








Rendah 3


Tinggi 1


Sedang 2



Sedang 2





Sedang 2







Sedang 2


Tinggi 1


Tinggi 3


Tinggi 3


Tinggi 3




Tinggi 2

Tinggi 2

Tinggi 2






Tinggi 2



Tinggi 2


Tinggi 3

Tinggi 3







Sedang 2




Tinggi 3


Sedang 2









Sedang 2



Sedang 2


Tinggi 3


Sedang 2


Tinggi 3



Sedang 2


Sedang 2










Tinggi 3


Tinggi 3



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2




Tinggi 3


Sedang 2
Sedang 2



Tinggi 3


Tinggi 2


Sedang 2





Tinggi 2

Tinggi 2

Tinggi 2







Sedang 2


Sedang 2


Rendah 1




Tinggi 2

Tinggi 2

Tinggi 2




Tinggi 3


Tinggi 3


Sedang 2








Sedang 2


Sedang 3


Tinggi 3








Sedang 2


Sedang 2


Tinggi 3



Tinggi 3





Rendah 1







Tinggi 3


Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2




Sedang 2

Sedang 2

Sedang 2






Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2

Sedang 2







Sedang 2




Sedang 2


Sedang 2









Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2










Sedang 2


Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2




Sedang 2


Sedang 2
Sedang 2



Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2





Sedang 2

Sedang 2

Sedang 2







Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2




Sedang 2

Sedang 2

Sedang 2




Sedang 2


Sdang 2


Sedang 2








Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2








Sedang 2


Sedang 2


Sedang 2



Sedang 2





Sedang 2







Sedang 2


Sedang 2 78


77,78


77,78


77,78



67
66,67

66,67

66,67



72


66,67



66,67


77,78

77,78




74


66,67




77,78


77,78





67



66,67



66,67


77,78


66,67


77,78



55,56


55,56








69

88,89


77,78



55,56


55,56


66,67


70

88,89


55,56
66,67

70

77,78


66,67


66,67



74

66,67

77,78

77,78





57

55,56


66,67


44,44


78

77,78

77,78

77,78


70

77,78


77,78


55,56




78



66,67


77,78


88,89






72

77,78


55,56


77,78



77,78


63


55,56







77,78


55,56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar